4 Nov 2012

Suara Hilang/Serak

Assalamualaikummm!;D

Kali ini gue akan berbagi info tentang penyakit lagi. Hem, suara serak/hilang, gue baru aja ngalamin ini dan suara hilang bener2 amat2 menyusahkan. Jadi, hari kamis karena batuk trus tenggorokan rada serak, pas pelajaran matematika suara gue serak basah gitu trus bilang ke ajeng "jeng suara gue kenapa ya, kok serek2 basah gini kayak jupe" hahahaha. Begitulah, awalnya suara serek gitu seneng aja, lucu aja gitu didengernya-____- eh pas hari jum'at, suara bener2 hilang deh trus parau gitu kayak suara nenek2, habislah gue di ledek2in sama anak ipa 2.....

Nah berikut akan di post info dan cara mengatasi suara hilang, kali aja kalian pernah ngalamin, simak:)

Suara serak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang paling umum adalah iritasi dan cedera pada pita suara atau laringitis. Yang disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas. Selain itu, ada juga beberapa penyakit yang bisa menyebabkan suara serak, seperti nodul jinak pita suara, kerusakan mukosa yang diproduksi oleh refluks asam lambung yang abnormal di kerongkongan.
 Untuk mengatasi suara serak atau hilang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:


  1. Mengistirahatkan suara dengan cara berbisik atau tidak berbicara
  2. Mengonsumsi banyak cairan dan istirahat
  3. Mengevaluasi apakah memiliki infeksi jamur atau tidak, khususnya pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau menggunakan inhaler kortikosteroid untuk asma
  4. Mengatasi jumlah asam berlebih di perut jika akibat acid reflux
  5. Belajar teknik bernapas, berbicara dan bernyanyi yang tepat
  6. Menghindari rokok, asap rokok dan alkohol
  7. Mengurangi kontak atau paparan iritasi seperti debu atau uap dari zat kimia Jika seseorang mengalami laringitis biasanya suaranya  akan terdengar serak. Dan bahkan  dalam beberapa kasus akan membuat suara tidak terdengar sama sekali.
Sebagian besar kasus radang tenggorokan bersifat sementara dan membaik setelah penyebab menjadi lebih baik. Radang tenggorokan seperti ini di sebut radang tenggorokan akut, dan penyebab radang tenggorokan akut meliputi:
  • Infeksi virus seperti yang menyebabkan flu
  • Terlalu keras dan bersuara ( bertiriak)
  • Infeksi bakteri seperti difteri, meskipun hal ini jarang terjadi
Laringitis yang berlangsung lebih dari tiga minggu disebut laringitis kronis. Jenis radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh iritasi dari waktu ke waktu. Laringitis kronis dapat menyebabkan ketegangan pita suara dan cedera atau pertumbuhan pada pita suara (polip atau nodul). Cedera ini dapat disebabkan oleh:
  • Inhalasi iritasi, seperti asap kimia, alergen atau asap
  • Refluks asam, juga disebut penyakit gastroesophageal reflux
  • Sinusitis kronis
  • Penggunaan alkohol berlebihan
  • Kebiasaan terlalu sering menggunakan suara  (seperti ernyany dan bersorak)
Laringitis akut yang disebabkan oleh virus sering membaik dengan sendirinya dalam waktu seminggu atau lebih. Tindakan perawatan diri juga dapat membantu memperbaiki gejala.

Sumber: health.detik.com, emasloemiyono.wordpress, madjongke.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar